CARA FLASH XIAOMI LENGKAP DENGAN CONTOH

Banyak sekali dari kita tidak tau cara untuk nge-flash ponsel sendiri, padahal kalau kita bisa meng-flash sendiri bisa ngirit biaya, bayangkan saja jika anda perbaiki ponsel anda ke tukang servis, berapa uang yang sudah kalian keluarkan, mesti tidak banyak tapi apa salahnya bagi kita untuk melakukan sendiri.

Memang jika kita melakukan sendiri takutnya nanti smartphone anda bootloop, memangnya bootloop tidak ada solusinya, ada dong, masak anda tidak bisa mengandalkan diri anda sendiri, padahal di dunia internet yang semakin canggih ini sudah banyak sekali bertebaran di mbah Google, apapun yang kalian cari pasti ada disana, baik itu berupa elektronik, berita, dan lain-lain, semua ada disana. Baru kemarin saya tahu kalau Mi Flash Tool ternyata selain digunakan untuk flashing device Xiaomi berchipset Qualcomm, juga bisa dipakai untuk flashing device Xiaomi berchipset Mediatek. Semula saya mengira Mi Flash Tool adalah tool untuk flash ROM ponsel Xiaomi yang berchipset Qualcomm saja, sehingga beberapa device Xiaomi saya yang berchipset Mediatek (Redmi Note, Redmi Note 2) biasanya saat flashing ROM saya gunakan tool lain yaitu SP Flash Tool. Dan kemarin saat coba coba flashing ROM Xiaomi Redmi Pro menggunakan Mi Flash Tool ternyata sukses juga.

Postingan kali ini saya fokuskan ke flash xiaomi Redmi Pro, tetapi sama saja dengan yang lainnya, tinggal kita download baha-bahan yang diperlukan oleh device anda. Tentunya sebelum anda melangkah ke proses flashing Xiaomi Redmi Pro, ponsel Redmi Pro anda harus sudah dalam keadaan unlock bootloader. Redmi Pro yang masih lock bootloader tidak akan bisa diflashing baik menggunakan SP Flash Tool maupun Mi Flash Tool. Jangan coba coba flashing ROM Redmi Pro yang masih dalam keadaan lock bootloader, pengalaman ada teman yang malah bootloop karena flashing ROM masih lock bootloader.

Untuk melakukan unlock bootloader pada Xiaomi Redmi Pro, bahan bahan yang harus dipersiapkan cukup sedikit saja, di antaranya.

ADB Driver >>

Sebelum anda melakukan unlock, pastikan anda juga sebelumnya sudah request unlock dulu ke webstie MIUI >>.


Setelah anda selesai dalam melakukan unlock, silahkan anda ikuti lanjutan dari cara flashnya, untuk bahan-bahannya yang perlu anda persiapkan adalah :



Mi Flash Tool sudah saya berikan yang terbaru, Bedanya Mi Flash yang terbaru di atas bisa dipakai untuk Windows 64bit maupun Windows 32bit, sedangkan Mi Flash yang keluaran 2015 atau lebih lama hanya bisa dipakai untuk pengguna Windows 64bit. Tapi rekomendasi saya adalah gunakan Windows 64 bit karena banyak yang gagal pakai Windows 32bit.


Jangan lupa sebelum anda melakukan flashing, backup dulu data-data penting jika ada. Oke langsung saja ke tutorial flash ROM Redmi Pro menggunakan Mi Flash Tool. Tutorial ini juga bisa anda terpakan ketika ingin memflashing ROM distributor Xiaomi Redmi Pro ke ROM Official.

1. Install Driver Mediatek dan Mi Flash Tool seperti biasa. Untuk pengguna Windows 8 dan Windows 10 sebelum install disable dulu driver signature.

2. Download fastboot ROM Redmi Pro di atas, kemudian ekstrak langsung di drive komputer, misal langsung di drive D tau drive E, jangan ekstrak di dalam folder, misal di D:/Redmi Pro, jangan. Jadi di luar folder saja langsung di drive. Ini yang saya contohkan langsung diekstrak di drive E.



3. Buka Mi Flash Tool, kemudian pilih lokasi ROM dengan mengklik tombol Select, kemudian pilih folder ROM omega_images, jangan pilih folder images, kemudian klik OK

4. Pada bagian kanan bawah Mi Flash Tool klik pada menu dropdown, di situ ada beberapa pilihan tipe flash. Flash_all jika ingin clean install menghapus semua data juga internal memory, flash_all_except_data_storage jika ingin install tapi tidak menghapus data di internal memory, dan flash_all_lock jika ingin clean install kemudian lock bootloader lagi. Silahkan pilih terserah anda, yang penting itu tadi jangan lupa backup data dan aplikasi.
5. Setelah Mi Flash Tool siap kini beralih ke ponsel Redmi Pro. Matikan ponsel kemudian masuk ke fastboot mode dengan cara, dalam keadaan mati tekan dan tahan tombol volume bawah + tombol power, sampai masuk ke fastboot mode baru lepaskan kedua tombol.
6. Dalam mode fastboot ini hubungkan Redmi Pro ke PC/ komputer

7. Pada Mi Flash Tool klik tombol Refresh untuk mendeteksi ponsel Redmi Pro yang telah terhubung


8. Setelah ponsel terdeteksi, klik pada tombol Flash untuk memulai proses flashing ROM Redmi Pro

9. Tunggu sampai proses flashing selesai, biasanya tidak sampai 5 menit. Jika proses flashing ROM selesai maka ponsel Xiaomi Redmi Pro anda akan melakukan restart sendiri

10. Tunggu sampai ponsel restart dan masuk ke sistem, biasanya proses booting setelah flashing ROM ini agak lama daripada proses booting/ restart biasa

11.  selesai

Cukup disini saja jika ada yang kurang mengerti silahkan ada di menu contak

Sumber : Teknikit.com

Terima Kasih Telah Berkunjung
EmoticonEmoticon

Loading...