SNAPDRAGON 653 PROCESSOR ATAU CHIPSET TERBARU DAN CANGGIHNYA LUAR BIASA


Chipset-chipset luar biasa dengan kecepatan gahar selalu diciptakan, Produsen semi konduktor asal Amerika Serikat, Qualcomm resmi mengumumkan dua chipset mobile kelas menengah terbarunya, yakni Snapdragon 653 dan 626. Wow...!! apalagi ya kecanggihan dari chipset yang satu ini. Pengumuman kedua chipset terbaru untuk Snapdragon itu dilakukan di sela-sela acara 4G/5G Summit 2016 di Hong Kong, Senin (17/10/2016), yang turut dihadiri oleh wartawan Kompas Tekno, Laksono Hari Wiwoho.

Senior Director of Product Management Qualcomm Technologies, Inc. mengatakan bahwa Snapdragon 653 merupakan penerus dari varian 652. Keduanya sama-sama mengusung prosesor dengan 8 inti pemprosesan (octa core) 64 bit. Bedanya, Snapdragon 653 memiliki kecepatan central processing unit (CPU) 10 persen lebih kencang dari pendahulunya, yang memiliki clock speed 1,8 GHz.

Seri chipset Snapdragon 653 ini dilengkapi modem X9 LTE Category 7 yang bisa memberikan kecepatan unduh data (download) hingga 300 Mbps dan upload hingga 150 Mbps. Modem X8 LTE dalam Snapdragon 652 sebelumnya juga memiliki kecepatan download 300 Mbps, namun kecepatan uploadnya terbatas 100 Mbps saja. Kecepatan upload ponsel-ponsel Android terbaru dengan chipset Snapdragon 653 di atas kertas akan lebih cepat.

Untuk performa kita bisa lihat dibawah ini :

1. KECEPATAN TOTAL CLOCK
23.08% kecepatan jam CPU lebih cepat.

2. MENGGUNAKAN TEKNOLOGI BIG.LITTLE
Menggunakan teknologi big.LITTLE, sebuah chip yang dapat beralih di antara dua set core prosesor untuk memaksimalkan kinerja dan daya tahan baterai. Misalnya, ketika memainkan game core yang lebih kuat akan digunakan untuk meningkatkan kinerja, sedangkan memeriksa email akan menggunakan core kurang kuat untuk memaksimalkan masa pakai baterai.

3. MEMILIKI INTEGRASI DENGAN LTE
Sistem pada sebuah chip (SoC) memiliki chip seluler LTE terintegrasi. LTE mampu men-download dengan kecepatan lebih cepat dari yang sebelumnya yaitu, teknologi 3G.

4. UKURAN SEMOKONDUKTOR
Sebuah ukuran yang lebih kecil menunjukkan bahwa proses untuk membuat chip yang lebih baru.

5. MENDUKUNG 64-BIT
Sitem operasi 32-bit handa dapat mendukung RAM sampai 4GB. 64-bit mendukung lebih dari 4GB, meningkatkan performa. Juga memungkinkan anda menjalankan aplikasi 64-bit.

6. KECEPATAN RAM
Mendukung memori yang lebih cepat, yang menghasilkan performa sistem lebih cepat.

7. MEMPUNYAI PENYEKALAAN FREKUENSI DINAMIS
Penyekalaan frekuensi dinamis adalah teknologi yang memungkinkan processos mempertahankan daya dan mengurangi kebisingan ketika menerima beban.

8. MENDUKUNG VIRTUALISASI HARDWARE-ASSISTED
Lebih mudah mendapatkan performa yang lebih baik ketika menggunakan virtualisasi jika hardware-assisted

9. MEMPUNYAI KARTU GRAFIK TERINTEGRASI
Dengan kartu grafik terintegrasi anda tidak perlu membeli kartu grafik terpisah.

10. MEMPUNYAI AES
AES digunakan untuj mempercepat enkripsi dan dekripsi.

11. MEMPUNYAI PELAKSANAAN OUT-OF-ORDER
Pelaksanaan out-of-order digunakan di CPU untuk membuat siklus instruksi yang biasanya terbuang karena jeda.

12. MEMPUNYAI NX BIT
NX bit membantu melindungi komputer dari serangan jahat.

13. MEMPUNYAI TRUSTZONE
Sebuah teknologi yang diintegrasikan kepada processor untuk mengamankan perangkat untuk digunakan dengan fitur-fitur seperti pembayaran telepon, dan video streaming menggunakan digital rights management (DRM)

14. VERSI DIRECTX
DirectX digunakan untuk permainan, dengan versi terbaru mendukung grafik yang lebih baik.

15. VERSI OPENCL
Beberapa aplikasi menggunakan OpenCL untuk mengatur Graphics Processing Unit (GPU) untuk komputasi non-graphical. Versi terbaru memperkenalkan banyak fungsi dan performa lebih baik.

Nah, gimana, tergiur tidak dengan Snapdragon 653, kecanggihan yang dimiliki dibilang sangat keren sekali. Silahkan bagi anda yang berminat.

Sumber : tekno Kompas dan versus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel