WIFI SULIT TERHUBUNG KE ANDROID ATAU LAPTOP


Wifi sudah tidak asing lagi dikalangan pengguna smartphone android dan semua perangkat yang membutuhkan itu semua. Wifi sudah ada dimana-mana, baik itu di warung, di kantor, di sekolah, di mall, dan semua akses seakan-akan sudah ada wifinya, dengan wifi kita bisa terhubung dengan mudah untuk mengakses apapun yang kita mau.

Wifi ibarat kalau makanan adalah lauk dari smartphone yang kita gunakan, jaringan wifi beda dengan jaringan kabel yang harus menancapkan Kabel RJ-45, wifi lebih hemat biaya, karena tidak membutuhkan kabel yang begitu besar, dan untuk kecepatan tergantung dari provider yang menggunakan wifi tersebut, kalau tidak salah antara kisaran 100-150Mbps dalam keadaan normal, tapi dalam keadaan tidak normal maka akan berjalan antara 100Kbps – 1Mb.

Namun di balik itu, koneksi internet tanpa WiFi bukannya minus masalah. Tak jarang, pengguna mengeluhkan perangkat yang tiba-tiba tak dapat terhubung. Hal itu tentu sangat menjengkelkan, terutama bagi pengguna yang mengandalkan jaringan WiFi untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk menangani itu semua ada beberapa sebab yang menyebabkan wifi terkendala, dan anda wajib untuk memeriksanya : 

1. Periksa Koneksi Jaringan
Silahkan anda periksa dahulu apakah jaringan wifi normal atau tidak, Langkah pertama untuk mengetahui masalah pada koneksi WiFi adalah memastikan fitur tersebut aktif. Sebab, tak jarang pengguna lupa belum menyalakannya atau mematikan fitur ini secara tak sengaja. Pengaturan lain yang perlu diperksa adalah modus pesawat (airplane mode). 

Saat fitur ini aktif, secara otomatis WiFi akan dimatikan sehingga membuatmu tak dapat terhubung ke internet. Dua cara ini merupakan langkah paling dasar untuk mengatasi masalah perangkat yang tak dapat terhubung. Jika kedua cara tersebut belum membuahkan hasil, kamu dapat mencoba cara selanjutnya.

Apabila kamu pengguna Mobile WiFi (MiFi), pastikan perangkatmu telah terhubung dengan benar, mengingat tak jarang pengguna lain memakai nama yang mirip. Setelah terhubung dengan router yang tepat, jangan lupa memastikan apakah jaringan itu bebas password atau tidak. Karenanya, selalu konfirmasi penggunaan password terlebih dulu ke penyedia layanan WiFi tersebut.

2. Restart perangkat atau router
Apabila cara di atas tak berhasil dan kamu terhubung dengan WiFi publik, coba restart perangkatmu. Bagi kamu yang menggunakan jaringan sendiri, cara ini juga berlaku untuk router.

Meski terlihat sederhana, cara ini terbilang cukup ampuh untuk menyelesaikan masalah di beragam perangkat. Setelah perangkat sudah menyala, kamu dapat mencoba menghubungkannya kembali dan lihat hasilnya.

3. Coba hapus jaringan yang terdeteksi

Jika nyatanya cara di atas belum juga berhasil, coba untuk menghapus (forget) jaringan yang ingin dihubungkan. Setelah itu, kamu dapat mencoba menghubungkannya kembali.

Untuk melakukannya, cukup mengetuk jaringan yang ingin dihapus dan pilih 'Forget'. Apabila akan kembali terhubung melalui jaringan itu, kamu harus memulainya lagi dari awal, termasuk password yang dibutuhkan.

4. Lakukan factory reset

Langkah ini merupakan pilihan terakhir karena dapat menghapus seluruh data yang ada di dalam perangkat. Di sisi lain, cara ini perlu dicoba karena melakukan factory reset dapat menghapus bug yang mungkin ada di software.


Karena itu sebelum melakukannya, pastikan untuk mencadangkan file yang ada dalam di perangkat. Untuk melakukannya, kamu cukup membuka 'Settings', buka menu 'Back up and reset' dan pilih 'Factory Data Reset'.

Semoga ilmu ini sangat bermanfaat untuk anda semua, jika ada komentar, silahkan sudah ada di kolom komentar dibawah. Salam aplimuvie.

Sumber : Tekno Liputan 6

Terima Kasih Telah Berkunjung
EmoticonEmoticon

Loading...