XIAOMI EU KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA PENGGUNA XIAOMI WAJIB MENGETAHUINYA


Xiaomi memang merilis beberapa varian smartphone mereka yang hanya khusus dipasarkan di China saja. Biasanya varian ini diberi kode C pada seri belakangnya. Contohnya Mi4 C dan Mi5 C. Meskipun hanya dipasarkan di China, ternyata varian smartphone ini banyak beredar di belahan dunia lainnya termasuk Indonesia. Hal ini disebabkan karena smartphone ini bisa didapatkan dengan harga yang murah tapi kualitas dan spesifikasinya serasa smartphone flagship.

Karena smartphone MI5 C ini hanya untuk pasaran China saja, maka Xiaomi tidak membuatkan ROM untuk varian internasionalnya atau biasa disebut ROM Global, hanya ada ROM versi China saja. ROM China ini adalah ROM resmi tapi versi China. Namanya juga resmi sudah pasti aman, tapi memiliki kelemahan, yaitu tidak adanya Google PlayStore apalagi Bahasa Indonesia. Bagi pengguna di Indonesia, tidak adanya Google Playstore tentu jadi masalah. Smartphone kamu akan terasa seperti stupidphone.

Sebenarnya saya sendiri baru tau apa itu Xiaomi EU, Xiaomi EU merupakan Custom ROM based ROM MIUI China developer dan China stabil yang memiliki performa dan daya tahan baterai yang lebih baik. Hal ini lah yang membuat banyak dari pengguna Xiaomi lebih memilih untuk menggunakan Custom ROM Based Miui dari pada ROM Miui official / resmi.

Fitur fitur dan kustomisasi yang di tawarkan pada ROM MIUI EU memang sangat menggiurkan, namun hal ini juga membuat ROM MIUI terkenal dengan berat dan menghabiskan banyak RAM. Banyak reviewer yang mengatakan bahwa ROM MIUI paling cocok apabila dipadukan dengan RAM 3GB, karena lebih bisa memaksimalkan performa dari ROM MIUI. Namun sejak kedatangan berbagai Custom ROM MOD MIUI, pengguna mulai beralih dari ROM MIUI Official karena merasakan sendiri performa dan daya tahan baterai yang cukup baik.

Apa itu Xiaomi EU?
Xiaomi EU atau MIUI EU adalah sebuah Custom ROM MIUI yang dikembangkan oleh komunitas Xiaomi Europe. Xiaomi Eu berbasis ROM MIUI China stabil dan China developer, serta juga memberikan update mingguan pada hari jum’at untuk rom developer (weekly).

Perbedaan Xiaomi EU China Stabil dan China Developer
Sama seperti ROM MIUI, MIUI EU juga memiliki versi Stabil dan Developer. Cusrom Xiaomi EU Stabil berbasis ROM China stabil, yang tentunya pada ROM ini segala fitur dan optimasi sudah stabil dan bisa dikatakan sudah tidak ada Bug. Tetapi fitur fitur didalamnya tidak selengkap ROM Developer. Cusrom Xiaomi EU Developer berbasis ROM China developer, memiliki fitur fitur yang lebih banyak dibandingkan ROM Stabil. Tetapi, pada ROM ini terdapat lebih banyak BUG dan konsumsi baterai yang lebih besar. Bisa dikatakan, jika menggunakan ROM developer, kita adalah seorang Beta Tester.

Kelebihan Xiaomi EU
Seperti yang sudah dibahas di atas, Custom ROM Xiaomi EU memiliki performa yang lebih baik dan daya tahan baterai yang cukup baik. Pada Cusrom Xiaomi EU juga sudah terinstal Gapps atau Google apps seperti plastore dll. Dan pada Cusrom ini juga sudah tidak ada lagi bloatware.

Kelemahan Xiaomi EU
Kelemahan CusROM Xiaomi EU adalah pada Bahasa nya, karena tidak terdapat Bahasa Indonesia. Tetapi mungkin kedepannya akan terdapat update dan memasukan Bahasa Indonesia.

Nah, bagaimana, kalian sudah mengerti kan apa itu Xiaomi EU, versi ini yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat indonesia, karena ada playstore dan yang berhubungan dengan google. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel