CARA MENGATASI DAN JENIS - JENIS KODE ERROR PADA KOMPUTER


Komputer merupakan produk yang sudah tidak asing lagi di mata masyarakat dunia, karena komputer bisa membantu kita sehari-hari, baik itu dalam pekerjaan kantor, sekolah, maupun pekerjaan yang lain. Akan tetapi komputer juga tidak lepas dengan kesalahan – kesalahan atau sering terjadi yang namanya ERROR. Kali ini saya akan membahas tentang pesan ERROR yang terjadi pada Komputer.  


Bad Pool Caller (stop code 0X000000C2)
Bad Pool Caller juga dapat disebabkan oleh hardware yang rusak/cacat. Apabila masalah ini muncul ketika sedang melakukan upgrade Windows, itu dapat disebabkan adanya hardware yang tidak kompatibel dengan Windows. Untuk mengatasi masalah yang terjadi seperti code di atas Coba lepas hardware yang bermasalah atau cari driver yang sesuai untuk Windows.


Data Bus Error (stop code 0X0000002E)
Jenis error yang satu ini disebabkan karena ada kerusakan atau cacat pada hardware, biasanya terjadi pada memory. Selain cacat pada memory bisa juga karena kerusakan motherboard, harddisk, untuk mengatasi hal ini kalian bisa mengganti hardwarenya.


Attempted Write To Readonly Memory (stop code 0X000000BE)
Biasanya masalah ini disebabkan adanya kesalahan pada driver atau service. Apabila nama file dan service disebutkan coba uninstal software tersebut atau driver tersebut (rolling back the driver). Dan untuk mengatasinya cari driver yang sesuai dengan Operating System pada komputer anda.


Driver IRQL Not Less Or Equal (stop code 0X000000D1)
Error yang satu ini Disebabkan karena drivers mengakses hardware address yang tidak sesuai. Error ini Bisa juga disebabkan karena adanya masalah seperti pada jenis error “Attempted Write To Readonly Memory ” di atas. 


Driver Unloaded Without Cancelling Pending Operations (stop code 0X000000CE)
Error dengan stop code 0X000000CE atau bisa di sebut dengan ‘Driver Unloaded Without Cancelling Pending Operations’ yang Disebabkan sama hal-nya dengan masalah dengan jenis error   “Attempted Write To Readonly Memory,” di atas. 


Hardware Interrupt Storm (stop code 0X000000F2)
Masalah pada jenis error ini biasanya timbul ketika suatu hardware (USB atau SCSI controller) gagal untuk MELEPAS sebuah IRQ. Kegagalan tersebut biasanya terjadi disebabkan karena masalah pada driver. Dan juga masalah ini dapat timbul karena adanya dua perangkat menggunakan IRQ  yang sama.


Inaccessible Boot Device (stop code 0X0000007B)
Error Inaccessible Boot Device ini, Biasanya Terjadi masalah yang timbul pada saat startup Windows apabila Windows tidak dapat membaca data mengenai system boot partition. Bisa juga disebabkan karena harddisk yang error, file boot ini yang cacat (corrupted). Bila tidak ada masalah pada disk drive, partisi dan file boot ini (ketika dua Operating System terinstall) coba anda cek settingan booting pada BIOS. Jika masalah ini muncul ketika sedang melakukan upgrade Windows, itu dapat disebabkan karena adanya hardware yang tidak kompatibel dengan Windows.bisa di coba dengan cara melepas hardware yang bermasalah atau cari driver yang sesuai untuk Windwos pada komputer anda.


Kmode Exception Not Handled (stop code 0X0000001E)
Sering terjadi masalah pada jenis Error yang satu ini biasanya disebabkan karena adanya kesalahan pada driver atau service, konfilk IRQ. Apabila nama file dan service disebutkan coba uninstal software tersebut atau driver tersebut (rolling back the driver). Masalah ini juga dapat disebabkan karena kurangnya space pada disk pada saat melakukan instalasi.


Driver Power State Failure (stop code 0X0000009F)
Disebabkan karena ke tidak cocokan antara “computer’s power management” dengan driver atau services yang berjalan. Biasanya terjadi pada saat komputer melakukan “hibernasi”. Apabila nama file dan service disebutkan coba uninstal software tersebut atau driver tersebut (rolling back the driver). Atau coba men-disable ‘Windows’ support for power management”.


NTFS File System (stop code 0X00000024)
Error ini disebabkan adanya masalah yang dilaporkan oleh Ntfs.sys (driver yang berfungsi untuk membaca dan menulis NTFS). Jika masih menggunakan file system FAT 32, error message (pesan) yang timbul akan mirip (stop code 0X00000023). Masalah ini dapat diatasi dengan mengganti hardisk anda.


Kernel Data Inpage Error (stop code 0X0000007A)
Error yang satu ini terjadi karena ada Masalah yang timbul pada virtual memory, biasanya karena windows tidak dapat membaca atau menulis data ke swap file. Kemungkinan penyebab ini antara lain bad sectors, virus, memory yang cacat, atau bahkan kerusakan pada motherboard.


Status System Process Terminated (stop code 0Xc000021A)
Disebabkan karena adanya masalah pada Winlogon.exe atau pada Client Server Runtime Subsystem (CSRSS). Dan juga Bisa disebabkan karena suatu user dengan level administrator merubah permission suatu file-file penting pada sistem Windows.


Nah itulah beberapa jenis ERROR yang sering terjadi pada komputer yang dapat saya jelaskan.
“Terimah Kasih”.

0 Response to "CARA MENGATASI DAN JENIS - JENIS KODE ERROR PADA KOMPUTER"

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel