CARA MENGECEK INFO IMEI SAMSUNG DAN SEMUA SMARTPHONE ANDROID


IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Semua HP memiliki IMEI yang berbeda, yang fungsinya untuk membedakan antara satu ponsel dengan ponsel yang lainnya. ketika Anda membeli sebuah HP baru pasti Anda akan melihat serial number IMEI di belakang dus atau di nota pembayaran. Ketika Anda mereparasi ponsel, IMEI juga pasti akan dicatat untuk garansi dan keperluan identifikasi lain. Nomor IMEI sendiri menyimpan berbagai macam data yang berkaitan langsung dengan ponsel yang kamu miliki. IMEI biasanya terdiri dari 14 digit hingga 16 digit. 


IMEI memiliki kode yang dikenal sebagai type allocation code (TAC) yang dapat menunjukkan pembuat dan model dari ponsel tersebut. Setiap kode akan terkunci dan tetap melekat pada ponselnya sehingga tidak ada kaitan sama sekali dengan SIM card. Jika kamu melakukan reset dan mengganti SIM card yang terpasang di ponsel tersebut, maka kodenya tetap sama dan tidak akan berubah. Maka dari itu, anda bisa memanfaatkan IMEI untuk memblokir ponsel kamu jika ponsel tersebut dicuri orang. Caranya dengan melaporkan nomor IMEI yang kamu punya ke gerai resmi penjualan seluler. Wow...!! sekarang anda sudah tidak perlu takut lagi kehilangan smartphone kalian.




Bagi anda yang bingung menemukan nomor IMEI, silahkan ketik *#06# Dari ponsel anda, maka akan muncul pemberitahuan IMEI , di smartphone anda akan keluar 2 nomor IMEI yang berbeda-beda, yang satu untuk SIM 1 dan yang satunya lagi untuk SIM 2. Beberapa tipe  seperti, 5c, 5s, dan iPhone asli memiliki IMEI yang tertulis di bagian belakang, tepatnya agak di bawah. Tapi, catat, nomor IMEI terdiri dari 15 digit, yang 14 digit biasanya MEID. 

Semakin meningkatnya kasus pencurian smartphone di dunia ini, maka nilai dari sebuah kode IMEI tidak dapat dianggap remeh lagi. Pasalnya, IMEI tersebut menyimpan berbagai macam data yang berkaitan langsung dengan ponsel yang Anda miliki. 

Sejak tahun 2004, sebuah kode pada IMEI akan memiliki format seperti AA-BBBBBB-CCCCCC-D. Kode A dan B dari format tersebut dikenal sebagai type allocation code (TAC) yang dapat menunjukkan pembuat dan model dari ponsel tersebut. Contoh, pada ponsel iPhone 5 yang dikeluarkan oleh Apple akan memiliki TAC 01-332700 sementara ponsel Samsung Galaxy S2 memiliki kode TAC 35-853704. Bagian kode format C merupakan serial number yang diberikan oleh perusahaan pembuat ponsel tersebut. Sedangkat digit yang terakhir merupakan sebuah checksum yang digunakan untuk memverifikasi IMEI tersebut.

Setiap kode pada ponsel akan terkunci dan tetap melekat pada ponsel anda sehingga tidak ada kaitan sama sekali dengan SIM card. Jika Anda melakukan reset dan mengganti SIM card yang terpasang di ponsel tersebut, maka kodenya tetap sama dan tidak akan berubah. Maka dari itu, Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk memblokir ponsel Anda jika ponsel tersebut dicuri orang. Nah anda bisa melakukan hal tersebut jika terjadi kepada anda.

0 Response to "CARA MENGECEK INFO IMEI SAMSUNG DAN SEMUA SMARTPHONE ANDROID"

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel