CARA MENGINSTAL WINDOWS 10 DI LAPTOP ATAU KOMPUTER


CARA MENGINSTAL WINDOWS 10 - Berbicara mengenai instal ulang, masih banyak yang belum menguasai betul bagaimana sih caranya untuk menginstal ulang pada PC yang mereka punya. tidak heran karena untuk orang yang belum melek IT memang sangat sulit sekali. Menginstal ulang PC merupakan alternatif supaya laptop atau pc yang mereka punya lebih enteng kembali dan refresh terhindar dari virus, dan bisa berjalan dengan cepat. Tutorial yang akan saya bahas kali ini mengenai cara menginstall ulang windows 10. Seperti yang anda ketahui bahwa windows 10, sistem operasi besutan Microsoft ini mengundang perhatian khusus bagi pengguna komputer. Banyak dari mereka yang melakukan upgrade dari sistem operasi lama mereka ke windows 10. 

Membahas mengenai Tampilan windows 10 ini merupakan perpaduan antara windows 7 dan windows 8. Perlu anda tahu juga, cara menginstallnya pun hampir mirip dengan cara menginstall windows 8. Saran saya, baca baik-baik tutorialnya sampai habis biar nantinya tidak ada masalah ketika proses instalasi windows 10 nya. Sebelum menginstall windows 10, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, diantaranya sebagai berikut :

  • Siapkan CD/DVD Installer Windows 10 atau kalau anda tidak mempunyai CD tersebut anda bisa membuat installernya dengan menggunakan flashdisk yang ukuran 8GB, karena windows 10 mempunyai kapasitas yang cukup besar yaitu 5GB. Untuk Flashdisk anda bisa menggunakan aplikasi RUFUS untuk membuat ISO installer Windows 10, anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu di situs RUFUS AKEO
  • DVD ROM EXTERNAL jika tidak mempunyai DVD ROM Internal
  • Driverpark untuk instal driver yang tidak kedetek
  • Aplikasi yang diperlukan




TAHAP AWAL INSTAL BIOS

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, anda harus setting BIOS agar booting pertama kali dilakukan dari DVD. Karena defaultnya komputer/ laptop booting pertama kali dari HDD, maka anda harus menggantinya dengan cara sebagai berikut :

  • Nyalakan atau restart komputer/ laptop anda. Setelah itu, tekan tombol DEL(Delete) berulang kali sampai muncul tampilan BIOS.. Oh ya, tidak semua komputer/ laptop menggunakan tombol DEL untuk masuk ke menu BIOS, ada beberapa tombol yang paling umum digunakan seperti F1, F2, atau Fn+F2 tergantung manufacturernya. Selanjutnya pindah ke tab Boot menggunakan tombol ◄ ►

  • Seperti yang anda lihat bahwa Hard Drive atau HDD berada pada urutan teratas. Hal tersebut menandakan bahwa booting pertama kali dilakukan dari HDD

  • Supaya booting pertama kali dilakukan dari DVD, silakan pilih CD-ROM Drive kemudian geser menggunakan tombol +/ – sampai berada di urutan teratas seperti yang tampak pada gambar berikut.

  • Jangan lupa masukkan DVD installer windows 10 ke DVDROM, kemudian simpan hasil settingan BIOS anda tadi dengan menekan tombol F10, lalu pilih Yes.


Setelah selesai tahap ini. silahkan anda mengikuti langkah berikutnya yaitu instal ulang windows 10.


Langkah-langkah menginstall windows 10



Setelah anda sudah setting BIOS agar booting pertama kali dari DVD, saatnya anda melakukan instalasi windows 10. Simak langkah-langkah berikut ini untuk menginstall windows 10 :

  • Hidupkan laptop anda dan akan ada peringatan seperti gambar dibawah, Tekan sembarang tombol untuk memulai instalasi windows 10. 

  • Pilih Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format, untuk yang lainnya seperti Language to install dan Keyboard or input method biarkan default, tidak usah diganti.


  • Selanjutnya pilih Install now.

  • Kemudian centang I accept the license terms, lalu pilih Next untuk melanjutkan.
Gambar : naseba media



  • Misalkan anda ingin melakukan install ulang maupun upgrade/ downgrade dari sistem operasi windows lama anda ke windows 10, cukup delete Drive 0 Partition 2 (partisi C:) dan Drive 0 Partition 1 : System Reserved, nanti secara otomatis, kedua partisi yang anda hapus tersebut menjadi Unallocated Space (belum dipartisi).

Nah, selanjutnya silakan buat partisi baru lagi dan jadikan Drive 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasinya, lalu pilih Next untuk melanjutkan. Dengan begitu, data-data pada partisi lain tetap aman (tidak terhapus). Lebih jelasnya, simak gambar gif berikut ini (Jika anda menggunakan ponsel saat membaca tutorial ini, pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla agar gambar gif bergerak dengan sempurna):

Bagi anda yang ingin install ulang maupun upgrade/ downgrade dari sistem operasi windows lama anda ke windows 10, silakan lewati langkah nomor 7-11. Dan bagi anda yang HDDnya masih kosong, mulus atau yang belum pernah diinstall sistem operasi windows sebelumnya, silakan lewati langkah nomor  ini.


Saya tidak akan melanjutkan karena tahap yang terlalu panjang, jika anda berminat untuk melanjutkan saya recomendasikan website terlengkap mengenai instal windows 10 bagi yang mempunyai laptop baru dan lama, lengkap sekali. ini dia websitenya NASABAMEDIA

Anda bisa download di website tersebut, karena sangat lengkap sekali, mohon maaf kepada admin atau pemilik situs Nasabamedia, saya mengambil separuh dari artikel anda, mohon tidak mempermasalahkan, karena saya juga sudah mempromosikan website anda. mohon maaf kepada para pembaca. silahkan anda kunjungi website Nasabamedia. terima kasih.


0 Response to "CARA MENGINSTAL WINDOWS 10 DI LAPTOP ATAU KOMPUTER"

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel