CARA TRACKING PARABOLA UNTUK PEMULA APLIMUVIE



Setelah saya pernah melakukan tracking parabola secara abal-abal diparabola saya sendiri dengan mengikuti semua arahan yang ada di web dan sosial media bahkan forum yang saya pelajari, saya sekarang mulai mengerti apa itu tracking parabola, apalagi setelah saya memperbaiki beberapa parabola punya tetangga dan teman-teman saya. alangkah bahagianya...!! disini saya akan bagikan ilmu tracking yang sebenarnya, setelah saya baca-baca di website Satelit Indonesia saya tertarik untuk membagikan kepada anda bagaimana caranya tracking parabola sebagai pemula.


Sering saya membaca banyak yang menanyakan cara tracking parabola, tapi tidak dibekali dengan ilmu atau biasanya malas membaca tulisan para master parabola lain. Kebanyakan pemula itu lebih tergiur hasil para master tracking parabola tapi tidak memperhatikan perangkat, lokasi dimana tinggal. Contoh saja kasus, tracking satelit SES 8. Banyak yang mengira NSS 6 dan SES 8 adalah sama, tapi sebenarnya berbeda terutama untuk beam satelit. Mungkin orang di kawasan Sumatra akan lebih enak tracking SES 8 memakai dish pay tv tapi kalau di Jawa Tengah akan sangat kesulitan dan mungkin memang tak akan bisa. Tapi banyak pemula mengira akan sama, tidak pernah melihat beam dimana lokasinya berada. Itu adalah masalah paling sering saya temui di beberapa group parabola Indonesia.

Sebenarnya cara tracking parabola untuk yang masuk beam itu sangat mudah asal perangkat kualitas bagus dan masuk beam. Saya kira dengan dasar cara tracking parabola bagi pemula ini bisa untuk menaklukkan banyak satelit. Saya yang masih pemula baru 26 satelit kalau tidak salah sudah pernah lock. Cuman yang out beam dan memerlukan simbol rate LR yang memang belum pernah nyoba karena perangkat parabola yang belum tersedia. Menurut saya metode apa saja asal bisa lock satelit yang di tuju sebagai cara tracking parabola yang benar. Hanya mungkin waktu yang digunakan berbeda. Untuk bisa tahu cara tracking parabola bagi pemula silahkan langsung di coba saja. Untuk percobaan kali ini saya akan memakai mounting parabola venus.

satelit indonesia

Cara Tracking Parabola Untuk Pemula bisa anda simak dibawah ini : 
Poin 1 adalah untuk menentukan sudut azimut. Biasanya ini sangat penting bagi yang sering pindah satelit terutama yang memakai actuator. Salah sedikit posisinya sinyal salah satu atau banyak satelit bisa kurang maksimal bisa juga kabur. Untuk yang tidak bergerak biasanya untuk menentukan titik 0 LNB yang tepat.

Poin 2 adalah untuk menentukan kemiringan utara selatan parabola. Ini biasanya untuk menentukan sudut parabola dengan geostasioner satellite yang berjajar di katulistiwa. Jadi untuk di selatan katulistiwa pasti dis menjorok ke utara dan sebaliknya.

Poin 3 adalah penyangga parabola. Ini untuk menentukan elevasi parabola. Fungsinya mengarahkan Parabola menuju ke satelit yang di tuju. Dan dalam gambar tersebut saya sudah memakai actuator.


Satelite Indonesia
3 Poin yang pernah satelit Indonesia singgung di artikel cara tracking parabola pemula sebelumnya harus di mengerti para pemula seperti saya sehingga pada saat tracking tidak akan mengalami masalah karena sudah mengetahui fungsinya. Setelah sedikit tahu fungsi dari masing masing poin selanjutnya berlanjut ke cara tracking parabola untuk pemula.

  • Tentukan satelit yang akan di lock
  • Cari informasi mengenai beam, transponder terkuat, posisi satelit, posisi anda berada ( kalau ini tidak tahu kebangetan banget ), arah mata angin ( barat, selatan, timur, utara).
  • Setelah terkumpul informasinya siapkan beberapa perangkat seperti, receiver, viewer (TV, Laptop, DVD player dll), kunci pas ( 10, 14, 17, 19 ) kalau tidak salah, kompas kalau ada, waterpas kalau ada juga.
  • Perhatikan data yang telah di kumpulkan. Nyalakan receiver, viewr dan siapkan semuanya hingga terkoneksi ke parabola.
  • Buka menu pengaturan, masukan satelit, transponder terkuat dan setting antena sesuai dengan perangkat anda dan satelit yang akan di tuju ( C Band / KU Band)
  • Perhatikan posisi satelit berada dimana hal ini sangat penting biar tidak salah posisi. Bandingkan dengan posisi anda hal ini untuk menentukan arah parabola ke barat atau timur. Misal akan lock Palapa D. Satelit ini hampir diatas kota Surabaya. Maka jika berada di barat kota Surabaya parabola akan menjorok ke timur dan kalau di timur Surabaya akan menjorok kebarat. Makin dekat dengan kota Surabaya makin ke atas dan sebaliknya.
  • Setelah tahu perkiraan posisinya. Saatnya tracking menuju satelit tersebut sampai memperoleh sinyal maksimal.
  • Posisikan parabola tegak. Perkirakan posisi barat dan timur kalau memang tidak punya kompas. Agak Kencangkan skurp tiang parabola.
  • Turunkan parabola secara pelan pelan menuju satelit yang akan dituju. Sambil digoyang utra selatan secara teratur dan berurutan.
  • Kalau sudah kelihatan kualitas sinyal naik sedikit, maksimalkan agak di kencangin penyangga parabolanya ( Poin 3) kemudian geser lagi dan cari yang paling maximal berapapun itu.
  • Kemudian kita bermain pada Poin 2. Untuk skrup atas dilonggarin saja dan kemudian sedikit demi sedikit skrup bawah dikencangkan sambil melihat kualitas. Kalau memang bertambah bagus lanjutkan kalau sudah maksimal kencangkan skrup atas hingga tidak ada pergerakan lagi. Kita melakukan pengendoran skrup atas karena perkiraan ada daya tarik parabola sehingga harus ditahan skrup bawah.
  • Tandai lingkar pointing dengan tiang parabola. Kendorkan 4 skrup tiang parabola buat menggeser azimut. Geser searah jarum jam atau berlawanan. sampai mendapat kualitas sinyal maksimum.
  • Dan setelah dirasa semua sudah maksimal kualitas sinyalnya kencangkan semua skrup di poin 1,2 dan 3. Yang perlu di perhatikan adalah skrup yang ada di tiang parabola. Harus diusahakan proposional, jangan sampai miring sebelah agar bisa memaksimalkan sinyal yang diterima.
Artikel diatas semua poin saya mengambil di website satelit indonesia, karena saya tertarik dengan isi dari artikelnya, maka dari itu saya mengkopynya supaya bisa berbagi ke teman-teman sekalian, bagi anda yang berlum berhasil mentracking parabola PALKOM silahkan anda pelajari di

Terima Kasih Telah Berkunjung
EmoticonEmoticon

Loading...