Aplikasi Takola SD untuk pengajuan bantuan RKB, Sarpras, Laboratorium dan alat praktek


Setelah SMK merilies Aplikasi Takola pada tahun ini, akhirnya TAKOLA  untuk SD juga dirilies, aplikasi ini lebih dikhususkan untuk mendata seluruh sekolah yang belum mempunyai Ruang Kelas Baru, Unit Sekolah Baru, Ruang Praktek, Sarpras, rehab ruang kelas, dan laboratorium. 

Dengan riliesnya aplikasi ini pihak sekolah lebih mudah dalam melakukan pengajuan ke pusat tanpa menggunakan yang namanya Proposal. Takola baru diriles versi 1.0, bedanya aplikasi takola SD dengan SMK dalam masalah Aplikasinya. Smk masih menggunakan sistem aplikasi Online seperti pencairan PIP yaitu SIIP, dan sifatnya wajib di isi melalui Online, tetapi untuk SD lebih dibuat dalam bentuk aplikasi yang berextention Exe. 

Untuk mengisinya bisa dengan menggunakan Offline tanpa internet, hal itu lebih dipermudah lagi karena sistemnya seperti dapodik. Untuk data kongkritnya menggunakan data yang ada dalam dapodik yang sudah anda sinkron, maka dari itu silahkan di isi dengan lengkap dan sebenar-benarnya di Dapodik anda, karena pemerintah akan melihat langsung ke Takola anda.

Pada tahun 2016 ini Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia merilis program Tata Kelola Sekolah Dasar (Takola SD). Program Takola SD ini merupakan salah satu bagian dari reformasi birokrasi yang dicanangkan Kemdikbud dalam hal pengelolaan penyaluran bantuan ke Sekolah Dasar dari dana yang bersumber dari APBN. Dengan adanya program Takola SD diharapkan keakuratan data calon penerima bantuan sehingga penyaluran dana lebih tepat sasaran.

Untuk mempermudah dalam pelaksanaan program tersebut Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar mengembangkan aplikasi berbasis android yang bernama Takola SD. Aplikasi Tata Kelola Sekolah Dasar (TAKOLA SD) ini merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu verifikator yang bertugas dilapangan untuk memverifikasi data penerima bantuan rehabilitasi, perpustakaan maupun ruang kelas baru sebagai pengganti mekanisme proposal.

Untuk mendaftar Takola SD anda bisa mendaftar di laman ini http://takola.ditpsd.net/registration


Silahkan isi lengkap seluruh persyaratan yang ada. sebelum itu pastinya anda sudah membaca persyaratan untuk menjadi Operator Takola SD.

Tujuan Registasi
Registrasi ini bertujuan untuk mendapatkan user/password pada Sistem Aplikasi Takola SD baik untuk user/password Aplikasi Manajemen Takola SD maupun user untuk Aplikasi Verifikasi Takola SD berbasis Android.

Guru yang Dapat Mendaftar
Guru yang dapat mendaftar adalah guru SMK yang diundang pada acara Bimbingan Teknis Tata Kelola Sekolah Dasar, yang diselenggarakan di 4 angkatan masing-masing di kota Medan, Makassar, Surabaya dan Tangerang (Serpong).

Syarat Pendaftaran
  1. Guru harus telah terdaftar di Dapodikmen dan memiliki id PTK untuk Dapodikmen. Jika belum, daftarkan guru di dapodik kemudian sinkronkan. Dalam waktu maksimal 1x24 jam guru akan dapat dicari di sistem.
  2. Guru yang telah mendapatkan user saat Bintek tidak perlu lagi mendaftar.
  3. Guru yang akan ditugaskan ke lapangan untuk verifikasi tidak usah mendaftar karena dapat didaftarkan oleh Kepsek/Kajurnya yang telah ikut Bimbingan Teknis.
  4. Guru yang tidak bisa didaftarkan oleh Kepsek/Kajurnya karena datanya tidak ditemukan di sistem, dapat melakukan pendaftaran user di aplikasi ini. Setelah itu minta persetujuan kepada admin untuk aproval.


Mekanisme Pendaftaran
  1. Pendaftar harus menemukan dahulu datanya di sisi "Mencari Data".
  2. Tidak diperbolehkan mengisi langsung ke sisi formulir registrasi. Data tidak akan bisa tersimpan.
  3. Untuk guru yang sudah punya NUPTK, cukup mengisi kolom NUPTK dan tanggal lahir.
  4. Untuk guru yang tidak punya NUPTK, isilah nama (tanpa gelar), NIP, dan tanggal lahir.
  5. Untuk guru yang tidak punya NUPTK maupun NIP, cukup isi nama (tanpa gelar), dan tanggal lahir.
  6. Formulir akan secara otomatis terisi. Pastikan data yang termuat di formulir sudah benar.
  7. Jika datanya salah, coba perbaiki lagi pencarian kemudian ulangi lagi.
  8. Jika data tidak ditemukan, kemungkinan besar adalah data Dapodikmen belum masuk / belum akurat. Cek ke operator dapodik, sinkron dan coba lagi mencari.
  9. Jika data Dapodik sudah benar dan sinkron sudah berhasil namun data masih belum ditemukan, hentikan upaya registrasi. Jangan memaksakan mendaftar dengan data yang salah. Hubungi admin untuk asistensi.
  10. Setelah pendaftaran akan dikirimkan email konfirmasi. Cek email untuk mengaktifkan.


dan untuk loginnya anda bisa masuk ke situs ini : http://manajemen.takola.ditpsd.net/login



Sekian dari saya, semoga bermanfaat untuk anda, mohon maaf tidak bisa memberikan tutorial lengkapnya karena saya hanya operator Takola di SMK, jadi saya tidak bisa login dan memberikan tutorial lengkapnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel