Cara Membuat dan Menjalankan Virtual box Untuk UNBK 2018

Setelah kemaren kita sudah mempelajari mengenai cara instal Virtual Box sekarang saya akan membahas bagaimana caranya untuk membuat dan menjalankan Virtual Box untuk persiapan server UNBK 2018 nanti. 

Silahkan anda ikuti tutorial lengkapnya yang mana saya bahas ini menggunakan Manual Book UBNK 2018, silahkan disimak dibawah ini :

Cara Membuat dan Menjalankan Virtual Box UNBK 2018

1. Siapkan aplikasi Virtual Box yang sudah anda download dan instal
2. Setting waktu server sesuai dengan waktu yang seharusnya. Contoh jika saat ini waktu adalah pukul 06.56 WIB tanggal 23 Maret 2018, maka pilih regional, GMT +7, dan waktu harus menunjukkan waktu pukul 06.56 WIB tanggal 23 Maret 2018. Hal ini agar tidak mengacaukan waktu yang ada di VM.
2. Jalankan aplikasi VirtualBox untuk memulai pembuatan mesin virtual baru.
3. Tekan tombol "New" atau pilih menu Machine, kemudian item New untuk membuat guest machine baru. Shortcut Ctrl-N ( tekan tombol fungsi kontrol bersamaan dengan menekan huruf N pada keyboard ) juga dapat digunakan untuk pembuatan mesin virtual baru.

4. Selanjutnya muncul jendela pop-up Create Virtual Machine, yang berguna untuk label dan jenis serta versi sistem operasi guest (windows 2012 (64 bit)yang akan diinstall seperti pada gambar dibawah ini:
5. Pada isian Name, tulis nama sistem operasi guest yang akan diinstall, untuk UNBK, kolom Name diisi dengan format: [nama sekolah]_Server[Nomor Server]. Pada kolom Type diisi dengan jenis operating system (OS) virtual machine, untuk UNBK menggunakan OS Microsoft Windows. Pada kolom Version, diisikan versi dari operating system, untuk UNBK menggunakan versi Windows Server 2012,64 bit, karena itu silahkan pilih Windows 2012 R2 (64bit). Jika semua sudah terisi, silahkan tekan tombol Next.

6. Apabila di kolom version tidak tersedia Windows versi 2012 (64 bit), maka:
  • Pastikan bahwa Server lokal menggunakan mesin 64 bit.
  • Jika server lokal sudah menggunakan mesin 64 bit, silahkan aktifkan/enable Virtualization Technology (VTx/VTd).
  • Untuk mengubah pengaturan Virtualization Technology (VTx/VTd) silahkan masuk BIOS. Detil pengaturan Virtualization Technology (VTx/VTd) tergantung pada jenis BIOS. Tetapi pada kebanyakan BIOS, pengaturan Virtualization Technology (VTx/VTd) ada pada menu “security” dan sub menu “system security”. Untuk ilustrasi, perhatikan gambar di bawah ini:
7. Layar selanjutnya pengaturan jumlah memori yang akan dialokasikan untuk mesin virtual dalam satuan Megabyte. Silahkan lakukan perubahan alokasi memori semaksimal mungkin dengan cara mengambil alokasi memori ¾ dari alokasi memori warna hijau dan jangan sampai mencapai atau memasuki garis warna merah. Isian maksimal ditunjukkan oleh indikator warna hijau atau setengah dari total jumlah memori komputer yang tersedia, agar sistem operasi utama tidak menjadi terganggu. Jika alokasi memory sudah ditentukan, tekan tombol Next.
8. Bagian selanjutnya adalah pengaturan media penyimpanan (harddisk) yang akan digunakan mesin virtual. Dalam pengaturan hard disk virtual, tersedia 3 pilihan yang dapat digunakan:
  • Do not add a virtual hard drive Opsi ini digunakan untuk pengguna tingkat mahir, hard disk virtual akan dibuat dalam pengaturan terpisah setelah pembuatan mesin virtual selesai dilakukan.
  • Create a virtual hard drive now Opsi ini digunakan untuk membuat hard disk virtual baru bersamaan dengan pembuatan mesin virtual.
  • Use an existing virtual harddrive Gunakan opsi ini untuk memilih hard disk virtual yang sudah ada.
9. Pilih opsi Use an existing virtual hard drive karena kita akan menggunakan virtual mesin yang sudah tersedia dengan mencari sumber file VM yang ada. Kemudian tekan tombol Create/buat, seperti dibawah ini:
10. Pada Window Virtual Box akan muncul nama virtual machine yang tadi kita buat.
11. Untuk menjalankan virtual yang sudah di buat, hanya cukup menjalan ExambroCBTSync Admin dan masukkan nama Virtual yang sudah dibuat di ExambroCBTSync di kolom VM vbox name.

12. Selesai

Nah, bagaimana, sudah mengerti kan caranya untuk membuat Virtual Box, sekarang kita akan menseting pada virtual box.

SETTING VIRTUAL BOX UNBK 2018

1. Sebagai persyaratan mutlak untuk UN-CBT, server lokal harus memiliki 2 NIC (Network Interface Card). NIC 1 digunakan untuk koneksi ke LAN (Local Area Network), sementara NIC 2 digunakan untuk koneksi ke internet. Koneksi ke internet diperlukan untuk meminta token dari server pusat dan mengupload hasil ujian peserta ke server pusat.

2. Oleh karena itu, 2 NIC harus diaktifkan di virtual machine dengan mensetting adaptor di virtual machine. Untuk mensetting adaptor, bisa melalui menu mesin/machine  pengaturan/settings. Setting
jaringan dilakukan dalam kondisi VM “UNBK” off. berikut ini tampilan setting jaringan di Virtual Box:

3. Pilih jaringan di menu sebelah kiri, pilih Adaptor 1, selanjutnya pilih Terpasang pada Adaptor Ter-bridge, pilih nama adaptor NIC 1 yang terinstall atau terpasang pada komputer server lokal, sementara itu pilihan Tingkat lanjutan gunakan default virtual box.

4. Untuk mengaktifkan NIC 2, gunakan pilihan Adaptor 2 selanjutnya pilih terpasang pada NAT pilih nama adaptor NIC 2 yang terinstall atau terpasang pada komputer server lokal , sementara itu pilihan
Tingkat lanjutan gunakan default virtual box.

nah, tahap selanjutnya adalah cara menjalankan CBTSync, CBTSync adalah windows aplikasi yang mengatur lalu lintas data yang digunakan oleh website CBT. Fungsi dari CBTSync adalah sebagai test manager dengan fungsi-fungsi sebagai berikut:
  • Sinkronisasi dengan mendownload data peserta tes, data soal, dan data konfigurasi tes yang berasal dari server pusat dan langsung ditempatkan di server lokal secara otomatis.
  • Memonitor aktivitas peserta tes. Ada jendela yang menampilkan informasi peserta yang sedang ujian.
  • Mengaktifkan scheduler token. Token akan expired dalam waktu yang ditentukan dan akan digenerate token yang baru. Aktifitas ini akan berlangsung selama aplikasi CBTSync dijalankan dan terhubung internet untuk semi online.
  • Mengatur kelompok yang akan melakukan tes. Ada setingan yang menentukan kelompok peserta tes yang dapat melakukan tes
  • Mengupload hasil ujian peserta tes dari server lokal ke server pusat.
CBTSync dijalankan dengan aplikasi Exambrowser Admin. Sebuah aplikasi desktop yang berfungsi sebagai web launcher.

Aplikasi Exambrowser Admin
Pada Dekstop terdapat Folder ExambroCBTSync untuk bisa masuk kedalam CBTSync

Cara menjalankan VM melalui ExambrowCBTSync Admin 
  • Jalankan ExambrowCBTSync Admin dengan Run Administrator
  • Tunggu sampai muncul tampilan di bawah ini
  • Pada kotak kosong VM, tuliskan Nama Virtual yang sudah di buatsebelumnya (Gambar 21).
  • Klik tombol Start VM
  • Tunggu beberapa saat sampai Virtual Machine berjalan
  • Untuk masuk ke dalam windows akan didahului dengan memasukkanpassword Bitlocker.
  • Password yang digunakan adalah P4ssw0rd

  • Jika posisi VM sudah pada Lock Screen, tunggu beberapa saat sampai muncul Run Starter dan beberapa pengecekkan system VHD.
  • Klik tombol Yes untuk melanjutkan dan masuk ke dalam CBTSyncWeb
  • Pastikan CBTSync Admin masuk ke tampilan awal ( Gambar 24)


Selesai

Nah, sampai disini saja pembahasan mengenai cara membuat dan menjalankan Virtual Box untuk UNBK 2018, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sebagai proktor Ujian Nasional 2018. sekian terima kasih. Untuk pembahasan selanjutnya saya akan menjelaskan cara menjalankan CBTSync.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel