OS Terbaru Android P inilah 10 fiturnya


Google tidak ada habis - habisnya dalam berkarya, setelah sukses dengan Os Android O yang kita kenal ( oreo ) sekarang sudah keluar versi terbarunya yang diberi nama Android P. Usut demi usut untuk versi P ini belum jelas apa nama yg akan diresmikan untuk versi P ini, tetapi sudah banyak yang beredar dan sudah menebak - nebak android P ini nantinya akan dinamakan Pistachio Ice Cream.

Android P mempunyai kesamaan dengan OS milik apple yaitu apple X. Saat ini, Android P masih dalam tahap pengembangan Developer Preview 1. Dengan kata lain, sistem oeprasi ini masih dalam versi beta dan baru bisa di coba oleh beberapa pengguna di perangkat Google Pixel sebelum akhirnya siap dirilis lebih luas.

Android P akan dirilis resmi pada bulan Mei. Bebarengan dengan agenda konferensi I/O 2018 yang diselenggarakan Google. Ini dia 10 fitur yang kemungkinan akan hadir di Android P, yang dirangkum aplimuvie dari Gadgets Now.



1. Multi-kamera yang mendukung aplikasi pihak ketiga

Andoid P akan mengusung pengaturan kamera ganda yang kini banyak tersemat di smartphone hig-end maupun mid-range. Dengan begitu, pengembang aplikasi bisa menyesuaikan software aplikasi mereka untuk mendukung multi-kamera di smartphone yang dijalankan Android P.


2. Tampilkan "notch" buatan mirip iPhone X 

Tangkapan layar notch atau poni layar di Android P yang mirip iPhone X (Gadgets Now/XDA Developer) Advertisment Android P semakin membuat "notch" alias poni layar khas iPhone X menjadi pasaran di perangkat Android.

Sebuah tangkapan layar dari uji coba Android P Developer Preview 1 menampilkan menu "Display Cutout" (memotong layar). Salah satu opsinya, menawarkan format full screen (layar penuh) dengan memberikan sedikit tambahan bingkai atau takik buatan yang menjorok di sisi atas layar. Baca juga: Android P Bikin Desain iPhone X Semakin Pasaran?


3. Gmail smart replies 

Fitur "smart reply" di kotak masuk Gmail dan Google Allo sudah dirilis Google tahun lalu. "Smart reply" akan menampilkan beberapa opsi jawaban yang memanfaatkan algoritma machine learning. Sehingga, pengguna cukup mengetuk pilihan jawaban singkat mana yang paling sesuai, tanpa perlu mengetik panjang.


4. Bisa lihat pesan gambar di notifikasi 

Nantinya, pengguna Android P akan bisa melihat cuplikan pesan bergambar dengan cara menyapu ke bawah papan notifikasi dari atas layar, di mana fitur tersebut belum hadir di sistem Android saat ini. Pengguna harus membuka notifikasi terlebih dahulu untuk membuka lampiran pesan bergambar.


5. Memisahkan notifikasi percakapan grup dan percakapan personal lebih jelas 

Versi Android yang banyak digunakan saat ini, tampilan notifikasi percakapan dan personal memang bisa dibedakan. Namun, pengguna harus mengetuk notifikasi untuk melihat pesan lebih lengkap. Pada Android P, kelak tampilan notifikasi tersebut akan lebih jelas, sehingga pengguna tidak terlalu sering mengetuk layar.


6. Zooming-Text seperti iPhone 

Fitur ini merupakan fitur tersembunyi yang tidak disebutkan di blog resmi Android. Fitur zooming-text atau perbesar teks mengijinkan pengguna untuk melihat lebih jelas apa yang mereka ketik. Pembesaran teks cukup dilakukan dengan mengarahkan kursor ke kata atau frasa yang dikehendaki.


7. Bisa lihat peta indoor melalui aplikasi Wi-Fi Protocol 

Android P memungkinkan pengguna bisa melihat peta ruangan indoor melalui aplikasi navigasi(Gadgets Now) Android P akan mengusung Wi-Fi protokol IEEE 802.11mc atau yang dikenal dengan Wi-Fi Round-Trip-Time (RTT). Dengan fitur ini, pengguna akan bisa melihat peta ruangan indoor melalui aplikasi navigasi.


8. Fitur kompresi foto

Fitur ini telah hadir sebelumnya di Apple, tepatnya di pembaruan iOS 11. Dengan fitur kompresi, koleksi foto akan lebih hemat ruang penyimpanan. Advertisment Begitu pula saat transfer foto akan lebih hemat data. Berkat dukungan koding gambar melalui teknologi high efficiency image file (HEIF) yang akan menyimpan gambar dengan format HEIC (high effieciency image container) yang menggantikan format JPEG. 


9. Peningkatan password otomatis

Skema pengisian password atau kata kunci otomatis memang sudah ada di Andorid. Namun, pengisian password otomatis di Android Oreo menuai cibiran. Beberapa menilai pengisian passwrod otomatis dengan aplikasi ketiga seperti LastPass, Everpass, 1Password, atau Dashlane lebih baik daripada pabrikan Google sendiri. Di Android P, Google menjanjikan akan memperbaiki keluhan pengisian password otomatis tersebut, sehingga pengguna tak perlu lagi mengisi formulir online atau lainnya sebelum masuk ke sebuah situs atau platform.


10. Garis volume vertikal 

Tangkapan layar tampilan antarmuka bar volume (kiri) yang vertikal dan fitur screenshot (kanan) yang muncul secara pop up dengan menekan tombol power.(XDA Developers) Perubahan terakhir adalah perubahan bar volume yang semula horizontal (dari kiri ke kanan), akan berubah vertikal (dari atas ke bawah). Selain itu, Android P juga menampilkan fitur screenshot yang akan muncul secara pop-up dengan menekan tombol power. Tampilan antarmuka pun lebih berwarna dibanding versi sebelumnya yang dominan warna biru dan putih.


Nah, sekian artikel yang saya ambil dari ulasan Tekno Kompas, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sebagai pembaca setia Aplimuvie.

Sumber : Tekno.kompas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel