Cara Tambah atau Tarik Data Peserta Didik Siswa Baru Melalui Aplikasi Dapodik Versi 2019 Dengan Tampilan Verval SP Terbaru

Cara Tambah atau Tarik Data  Peserta Didik Siswa Baru Melalui Aplikasi Dapodik Versi 2019 Dengan Tampilan Verval SP Terbaru - Tahun ajaran baru semua serba berubah. Kali ini ada perubahan besar - besaran pada Aplikasi Dapodik versi 2019 dan disamping itu banyak website resminya muncul template-template terbaru yang bisa dikatakan menyejukkan mata, saking simplenya kita sebagai operator baik lama ataupun baru akan lebih dimudahkan dalam melakukan penginputan data pada aplikasi Dapodik 2019 ini.

Pembaharuan Dapodik tahun ini ada banyak perubahan di Tarik Data PTK dan Data Siswa yang mana tampilan website pada verval SP disempurnakan dan lebih terarah dari yang sebelumnya jika kita mencari data siswa selalu terkadang kurang tepat, tapi dengan tampilan terbaru ini semua kata kunci sudah lumayan akurat dan bisa dibilang setengah sempurna daripada yang dulu.




Apa itu Dapodik 2019 ?

Aplikasi Dapodik 2019 merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh kementrian pendidikan yang mana lebih dikhususkan dalam pendataan siswa, GTK, Sarpras, dan semua yang berkaitan dengan data sekolah dijadikan menjadi satu kesatuan di aplikasi Dapodik supaya pemerintah lebih mudah dalam mendata sekolah yang masih aktif dan sudah reaktif.

Aplikasi Dapodik Versi 2019 merupakan penyempurnaan dari aplikasi sebelumnya 2018.a yang dibagi 2 karena masih ada beberapa bug. Dengan diriliesnya aplikasi Dapodik 2019 ini banyak perubahan yang dilakukan karena adanya pendataan absensi siswa seperti DHGTK yang mana aplikasi berbasis web ini tahun ini sudah menggunakan dan terintegrasi dengan Alat Fingerprint supaya mendapatkan data yang akurat tidak ada manipulasi data oleh guru sekolah di Indonesia.

Dapodik 2019 tahun ini ada penyempurnaan dibagian tambah atau menarik data siswa yang sudah lulus dari sekolah asal mereka dan siap untuk di masukkan ke sekolah lanjutannya. Nah, supaya data siswa bisa masuk dengan mulus, dipastikan sekolah asal mereka sudah meluluskan, karena jika tidak diluluskan akan berdampak tidak bisanya proses tarik menarik data siswa yang akan dimasukkan ke sekolah baru mereka.

Berikut saya akan berikan caranya kepada anda yang sudah siap untuk menarik data siswa peserta didik baru ke sekolah barunya. SIlahkan ikuti tutorial lengkapnya dibawah ini :


CARA TAMBAH TARIK DATA PESERTA DIDIK BARU APLIKASI DAPODIK 2019

  • Setelah anda berhasil mendownload dan menginstal aplikasi Dapodik terbaru di Laptop atau PC anda, silahkan gunakan cara ini untuk cara menariknya.


Di website terbaru ini sangat simple sekali, tidak ada penambahan apapun, dan tidak bertele-tele, didalamnya ada label diantaranya :
  1. BERANDA
  2. DATA
  3. INFORMASI
  4. GALERI
  5. UNDUHAN
Tetapi anda fokus dengan yang namanya KELOLA DATA untuk bisa masuk ke data yang sudah anda pernah sinkron sebelumnya di versi Dapodik 2018.b.

Silahkan masukkan Username dan Password anda setelah anda masukkan silahkan anda tekan KELOLA DATA SEKOLAH.


  • Dibawah merupakan data sesuai dengan yang sudah saya sinkronkan di dapodik versi 2018.b silahkan anda pilih KELOLA DATA POKOK
  • Maka akan ada tampilan yang sangat menyejukkan mata dan tidak berbelit-belit pastinya anda suka sekali melihat data yang tidak amburadul seperti tampilan website sebelumnya 

  • Nah, untuk menambah siswa baru anda silahkan pilih PESERTA DIDIK
  • Setelah anda memilih Peserta didik maka akan ada tampilan seperti gambar dibawah ini dan digambar tertera data siswa lama kelas 10, 11, dan 12 tetapi anda jangan fokus ke data siswa lama, tapi anda harus fokus untuk menambah data siswa baru, dengan cara TAMBAH PESERTA DIDIK

  • Setelah anda pilih Tambah Peserta Didik maka akan ada tampilan seperti dibawah ini :
Ada beberapa Label di Tambah peserta didik diantaranya : 
  1. PESERTA DIDIK BARU 
  2. PINDAH / MUTASI
Kita fokus ke Peserta Didik Baru setelah itu sesuaikan dengan data siswa berasal dari sekolah asal mana, SMP dibawah naungan Diknas atau MTs dibawah naungan Kemenag, karena di website ini hanya bisa menarik secara otomatis data siswa ke Dapodik anda jika siswa tersebut dari SMP atau berasal dari aplikasi Dapodik sebelumnya dibawh naungan Diknas. Dan jika siswa berasal dari MTs yang mana menggunakan aplikasi Emis atau Simpatika yang sampai saat ini belum sinkron-sinkron maka anda bisa masukkan data siswa dengan cara manual. Caranya anda klik pada Sumber Data >> Tarik PD Diluar Dapodik.

Jika ada Operator yang masih bingung bisa anda hubungi saya.
  • Jika anda pilih di Sumber Data >> Tarik PD Dapodik maka akan ada tampilan seperti dibawah ini :
  • Silahkan ada pilih Tampilkan
  • Maka akan ada tampilan banyak siswa dari SMP Negeri 1 Sangkapura, Jika sudah ada gambar seperti dibawah silahkan anda centang setiap nama siswa yang memang benar-benar merupakan siswa yang akan anda masukkan pada sekolah anda, jangan sampai salah tarik data peserta didik baru, karena jika salah anda wajib memutasi siswa. Periksa secara mendetail sesuai data yang sudah siswa kumpulkan pas pendaftaran ulang, jika tidak sesuai tanyakan kepada siswa yang bersangkutan supaya menanggulangi data yang salah.

  • Setelah anda pilih data siswanya silahkan anda simpan maka akan otomatis akan masuk ke Data Aplikasi Dapodik 2019 anda.

  • Nah, untuk memasukkan data siswa baru yang bersumber dari kemenag anda bisa lakukan dengan cara seperti dibawah ini :
Anda bisa mengisi data siswa baru yang berasal dari dibawah naungan Kemenag alias aplikasi Emis atau Simpatika anda input manual dari Nama siswa sampai selesai setelah itu anda pilih Simpan.

Nah, Sekian artikel tentang cara menambah siswa baru di aplikasi Dapodik 2019 dan verval SP terbaru. sangat mudah dilakukan. semoga ilmu ini bermanfaat untuk operator lama dan baru yang belum tau caranya untuk melakukan tarik atau tambah Peserta DIdik Baru.

Salam Operator.

Terima Kasih Telah Berkunjung
EmoticonEmoticon

Loading...