Rilies Kartu Sakti Gerbang Pembayaran Nasional GPN, Apa Manfaat dan Fungsinya, Selamat Tinggal visa Card Maestro

Rilies Kartu Sakti Gerbang Pembayaran Nasional GPN, Apa Manfaat dan Fungsinya, Selamat Tinggal visa Card Maestro - Sebelum riliesnya kartu sakti GPN yang mempunyai kepanjangan Gerbang Pembayaran Nasional kita sebagai seorang yang hidup di negara Indonesia lebih biasa menggunakan pembayaran non tunai dengan menggunakan Visa Card atau Maestro, padahal kita tidak tau bahwa Visa card dan maestro merupakan kartu debit milik negara luar.


Dengan adanya GPN dan riliesnya di Indonesia sejak Mei 2018 kita Indonesia memiliki kartu sakti Gerbang Pembayaran Nasional yang mana mempunyai fungsi yang sama dengan kartu Maestro dan Visa card. Logo dari GPN sendiri tertampang gambar burung Garuda yang mana kita pasti tau dengan burung yang satu ini.

Sejak riliesnya GPN Bank Indonesia yang biasa kita kenal dengan BI gencar - gencarnya untuk mensosialisasikan program Gerbang Pembayaran Nasional kepada masyarakat supaya mengerti apa itu manfaat, penggunaan, hingga tujuang di riliesnya kartu ini.

Lantas apa ya kira - kira GPN Tersebut ?

GPN merupakan suatu sistem pembayaran yang mengintegrasikan transaksi antar bank. GPN  akan memudahkan masyarakat jika ingin melakukan transaksi pembayaran non tunai menggunakan kartu debit di toko atau merchant. 

Dengan diriliesnya kartu sakti ini setiap bank yang beroperasi di Indonesia wajib untuk mengadopsi sistem GPN yang berlogo Garuda dan kartu debit GPN ini bisa kita gunakan di seluruh mesin elektronik data Capture ( EDC ). Adanya kartu GPN bisa memperluas layanan akses sistem pembayaran melalui interkoneksi dan Interoperabilitas dan selain itu juga bisa mendorong perluasan Gerakan Nasional Non Tunai dan pengembangan perdagangan Nasional berbasis elektronik.

Akhir Mei 2018 Bank Indonesia ( BI ) sudah mencetak kartu ini sebanyak 937ribu dan baru 497 ribu kartu GPN yang sudah di distribusikan. Dengan sistem GPN, maka nasabah lebih dipermudah dalam menjalankan transaksi keuangan menggunakan kartu debit perbankan. Saat ini jumlah bank yang mengeluarkan kartu berlogo GPN terus meningkat. 

Sampai saat ini pastinya sudah banyak sekali Bank Nasional yang mengeluarkan kartu Debit Non Tunai ini di Indonesia Sejak 31 Maret 2018 sebenarnya seluruh bank mulai menerbitkan kartu berlogo Nasional dan dibulan tersebut kartu ini tercetak sebanyak 491 ribu dan di distribusikan sebanyak 252 ribu dalam sebuah diskusi di Hotel Borobudur hal ini di ungkapkan oleh Pungky.

BI bekerjasama dengan perbankan untuk menfasilitasi penukaran kartu berlogo GPN di 17 wilayah yang tersebar di Indonesia selama periode 29 Juli - 3 Agustus 2018 dan akan dilakukan kegiatan ini dengan cara bertahap, kartu ini akan diselenggarakan hingga Oktober 2018.


Untuk selanjutnya, akan dilakukan kegiatan serupa secara bertahap di 3 tahap berikutnya yang akan diselenggarakan hingga Oktober 2018. Hal ini sejalan dengan kewajiban pencantuman logo nasional (GPN) untuk kartu ATM atau debet yang telah dimulai sejak tanggal 1 Januari 2018.

Berikut lima manfaat yang dapat diperoleh masyarakat dengan menggunakan kartu debit GPN:

1. Masyarakat dapat mengunakan kartu ATM atau debit berlogo GPN untuk melakukan transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia.

2. Masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena kartu ATM atau debit GPN telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terstandarisasi serta seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik.

3. Masyarakat tidak dikenakan biaya oleh merchant dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR).

4. Masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi (interkoneksi) dan saling dapat diwujudkan (interoperabilitas).

5. Biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik sehingga lebih efisien. Berikut perbandingan skema harga sebelum dan sesudah implementasi GPN.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat untuk anda, jadilah orang yang suka dengan produk Indonesia, supaya Indonesia lebih maju dalam mengembangkan sesuatu. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel