BOS Triwulan 1 Tahun 2019 Batas Cut Off Tanggal 15 Desember 2018, Ayo Segera Di Lengkapi


BOS Triwulan 1 Tahun 2019 Batas Cut Off Tanggal 15 Desember 2018, Ayo Segera Di Lengkapi - Sebentar lagi liburan Sekolah akan tiba, dan Semester pertama Tahun ajaran 2018/2019 seluruh sekolah sudah melaksanakan Ujian Semester Ganjil, Maka seluruh pendataan sudah seharusnya selesai dalam Dapodik setiap Sekolah. Syarat utama dalam penyaluran dana BOS APBN 2019 tahun ini harus mengisi semua data lengkap seperti Rombongan Belajar, Mata Pelajaran, Ekstra Kurikuler yang ada di Dapodik 2019.


Sesuai dengan surat yang dilayangkan oleh Kemendikbud di website dapodikdasmen untuk Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten, Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, dan SMK tak luput juga untuk pengurusan data Operator Dapodik bahwa pada tanggal 15 Desember 2018 merupakan batas sinkron atau Cut OFF dalam sinkronisasi data di Dapodik.

Penyaluran dana BOS APBN Triwulan 1 yang jatuh pada bulan Januari - Maret 2019 maka seluruh Operator wajib kiranya untuk segera melakukan sinkronisasi. Batas Cut Off yang sebentar lagi habis maka dari itu ayo segera sinkron data, sebelum itu silahkan perbaiki dan lengkapi semua data di Dapodik masing-masing supaya tidak akan loss dalam penyaluran dana BOS tahun 2019 ini. Masih banyaknya sekolah yang berstatus Partisipasi BOS menerima dan pada aplikasi Dapodik menjawab "YA" banyak ditemukan pada tanggal 5 Desember 2018 belum melakukan perbaikan data dan sinkron Aplikasi Dapodik mereka.

Adapun beberapa sekolah yang belum melakukan Sinkronisasi sampai saat ini bisa anda Download dilaman Dapodikdasmen, silahkan di tunggu sampai berita tersebut muncul data sekolah yang belum sinkronisasi.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses sinkronisasi SUpaya Dapat Dana BOS APBN 2019 adalah sebagai berikut :
  1. Data Siswa yang akan dimasukkan dalam hitungan semester ganjil tahun ajaran 2018 / 2019
  2. Dilarang menggunakan Prefill yang sudah lama, karena jika menggunakan Prefil lama maka akan menyebabkan data siswa menjadi ganda. Hal ini khusus anda yang sudah menggunakan Aplikasi Dapodik 2019.
  3. Semua data Rombel harus di isi lengkap dan benar yang mana meliputi jenis rombel, yang di hitung Rombel Kelas dan Reguler saja sedangkan untuk Rombel Teori dan Ekstra Kurikuler tidak termasuk dalam perhitungan.
  4. SMA dan SMK harus memperhatikan pengisian data program pengajaran, program keahlian, dan kompetensi keahlian supaya tidak salah dalam sinkronisasi.
Berikut beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam pengisian data program pengajaran, program keahlian, dan kompetensi keahlian untuk SMA dan SMK :
  • SMA KTSP 2006
  1. Kelas XI  :  Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa
  2. Kelas XII : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa
  • SMA Kurikulum 2013
  1. Kelas X : Bahasa dan Budaya/ MIPA/ Ilmu Pengetahuan Sosial
  2. Kelas XI : Bahasa dan Budaya/ MIPA/ Ilmu Pengetahuan Sosial
  3. Kelas XII : Bahasa dan Budaya/ MIPA/ Ilmu Pengetahuan Sosial
  • SMK KTSP
  1. Kelas XI : Kompetensi Keahlian
  2. Kelas XII : Kompetensi Keahlian
  • SMK Kurikulum 2013
  1. Kelas X : Program Keahlian
  2. Kelas XI dan XII : Kompetensi Keahlian
Semua data rombongan belajar harus diisi Wali Kelas dan rombongan belajar harus di isi lengkap sampai dengan data pembelajaran. Data siswa harus dilakukan proses verifikasi dan validasi Nomor Induk SIswa Nasional ( NISN ) di website vervalpd.data.kemdikbud.go.id berlaku semua jenjang. Pada tahun ini baru SMA saja yang diharuskan untuk mengecek semua itu.

Maka dari itu seluruh sekolah diharuskan untuk segera melakukan proses sinkronisasi data semester 1 Ganjil tahun ajaran 2018/2019 dan semua data harus Valid tidak ada kesalahan sama sekali. Jika ada data yang tidak lengkap maka sekolah yang tidak lengkap tersebut tidak akan mendapatkan dana Bantuan BOS dan tidak terhitung untuk penyuran dana Bantuan Operasional Sekolah BOS Tahun 2018/2019.

Sekian informasi mengenai Penyaluran dana BOS dan proses sinkronisasi untuk semua sekolah, silahkan segera SInkronisasi sebelum waktunya berakhir tanggal 15 Desember 2018. Anda bisa kunjungi situs resminya dibawah ini :

    Terima Kasih Telah Berkunjung
    EmoticonEmoticon

    Loading...