Beberapa Masalah Dalam Pelaksanaan UAMBN BK 2019 dan Cara Mengatasinya

Beberapa Masalah Dalam Pelaksanaan UAMBN BK 2019 dan Cara Mengatasinya - UAMBN BK merupakan ujian madrasah berstandar nasional yang di selenggarakan oleh kementrian agama. Sama dengan ujian Nasional ujian ini juga sudah berbasis komputer. Saat ini ujian UAMBN BK sudah memasuki tahap simulasi yang ke 1. Masih ada beberapa tahap lagi untuk sampai pelaksanaan ujian yang sebenarnya.

UAMBN BK 2019 ini berbeda dengan tahun lalu walau pada dasarnya secara tampilan tidak ada perbedaan yang signifikan dari tahun lalu hanya saja tahun ini tidak lagi menggunakan aplikasi tapi langsung akses menggunakan web browser dengan mengakses IP client.

Penggunaan berbasis komputer tentunya ujian ini tidak bisa lepas dari masalah baik secara teknis pelaksanaan maupun perangkat yang digunakan, dari mulai simulasi pertama di temukan beberapa masalah dalam pelaksanaannya. Tapi secara garis besar pelaksanaan UAMBN BK hingga tahap simulasi ini lancar tanpa kendala. Tentunya untuk mencapai titik ini perlu pengetahuan dan pengalaman mengatasi berbagai masalah oleh proktor dan teknisinya.

Berikut ini adalah berbagai masalah yang ditemukan dalam pelaksanaan UAMBN BK

1. Pada hari pertama soal sempat blank, kosong sama sekali. Bahkan ini massal secara nasional.Ini masalah timbul dari server pusat jadi proktor dan teknisi tidak bisa mengatasi kecuali menunggu perbaikan server pusat. Setelah menunggu sekian lama akhirnya setelah di refresh atau tekan F5 di  client soal muncul.

2. Client tidak bisa terkoneksi ke server saat akses ip 192.168.0.101. Ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Pertama cek koneksi jaringannya apakah sudah benar terkoneksi indikatornya lihat pada bagian bawah sebelah kanan client pada jaringan komputer. Kedua, cek IPnya mungkin terjadi IP conflict apa itu IP conflict? yaitu ada ip yang sama antar client. Rata rata masalahnya karena ini, untuk memudahkan agar tidak terjadi bentrok IP caranya adalah dengan memberi nomer client dan sesuaikan ip client pasa bagian akhir dengan nomer komputer seperti contoh 192.168.0.1 dan seterusnya

3. Beberapa soal kosong

Ya, masalah ini muncul sejak hari pertama simulasi pertama ini yang akhirnya berimbas siswa tidak bisa menyelesaikan ujiannya. Saat mengklik selesai pasti ada warning masih ada soal yang belum di selesaikan. Bagaimana mengatasinya? Langsung log out saja karena hasil jawaban yang dikerjakan sudah masuk ke server jadi itu sudah menjadi urusan server pusat.

3. Tidak bisa mengklik selesai dengan warning ada soal yang belum di selesaikan padahal semuanya sudah dikerjakan. Masalah ini seringkali terjadi. Solusi mengatasinya dengan mengklik kembali jawaban yang sudah dikerjakan dan masalah 100 % teratasi dan siswa bisa keluar dari ujian.

Nah itulah beberapa masalah yang terjadi saat pelaksanaan UAMBN BK. Ini penting diketahui proktor maupun teknisi agar pelaksanaan UAMBN BK kedepan baik itu simulasi atau pada saat pelaksanaan ujian sebenarnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel