Cara Agar Berhasil Dalam Memulai Blog Untuk Pemula

Bagi kalian yang akan menjadi seorang Blogger, banyak yang harus kalian persiapkan untuk menjadi seorang blogger.  Kalian harus memiliki keinginan untuk mengembangkan blog tersebut menjadi sukses di masa mendatang. Tapi jika kalian tidak pendirian untuk melakukan hal tersebut kadang itu akan menjadi penghalang untuk kemajuan blog milik kalian. Sebenarnya untuk memulai membuat blog itu sangat mudah, tetapi  jika blog kalian ingin sukses itu tidak semudah yang kalian pikirkan. Mungkin diantara kalian pernah berpikir untuk membuat blog karena uang mungkin emang itu tujuan akhirnya, namun sebelum menuju hal tersebut kalian  harus memikirkan bagaimana caranya agar blog terus meningkat setiap harinya.



Kalian harus memiliki persiapan untuk yang matang untuk memulai blogging, banyak sekali cobaan yang menimpa bagi pemula pada bulan pertama blog yang mereka kembangkan tidak sesuai dengan harapannya dan akhirnya mereka memilih untuk keluar dari dunia blogging.

Kenapa sih bisa begitu?

Karena mereka membuat blog tanpa persiapan yang matang dan dilakukan secara asal-asalan dapat membuat blog tersebut tidak berkembang. Ini adalah kenyataan yang harus dihadapi bagi seorang blogger pemula, oleh karena itu persiapan untuk memulai blog itu sangat penting. Jadi,kalian tidak akan membuang waktu secara cuma-cuma. Tapi kita bisa mengambil hikmahnya apabila kita sudah terlanjur  membuat dan bisa diperbaiki secara perlahan-lahan.

Oleh karena itu sebelum kalian ingin membuat blog, kalian harus mempersiapkan cara-cara berikut agar kalian berhasil.

  1. Menentukan Niche Blog yang akan kalian buat
  2. Menentukan Nama Domain yang sesuai dengan Niche Blog.
  3. Memilih Platform yang akan kalian gunakan.

Mari kita bahas satu per satu :

1. Menentukan Niche /  Topik Blog

Sebelum kalian membuat sebuah blog, kalian harus memikirkan niche apa yang akan berpotensi untuk membuat blog kalian berkembang secara pesat. Banyak sekali blogger pemula yang membuat topik secara asal-asalan tanpa memikirkan terlebih dahulu apakah niche tersebut dapat membuat blog berkembang atau tidak.  Dalam pemilihan niche / topik kalian harus sesuai dengan minat kalian agar artikel yang dihasilkan akan berkualitas.

Jika kalian memilih niche tidak sesuai dengan minat kalian akan mengakibatkan :
  1. Pada saat menulis artikel kalian akan terasa terbebani dan menjadi malas.
  2. Artikel yang dihasilkan pun tidak berkualitas.
  3. Isi artikel pun terlihat membosankan.

Coba kalian pikirkan sendiri, jika kalian menulis artikel dengan niche yang kalian tidak mengerti dan kalian menjelaskan niche tersebut kepada para pembaca. Apakah mereka akan mengerti?

Tapi jika kalian melakukan riset terlebih dahulu mengenai niche yang akan kalian bahas itu akan sedikit membantu dalam pembuatan artikel karena kalian mempunyai refenrensi agar  artikel tersebut telihat berkualitas.

Saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya mengenai pemilihan niche. Waktu itu saya mencoba membuat blog  dengan niche resep masakan karena pada waktu itu menurut saya niche resep masakan  mampu mendapatkan pengunjung yang banyak. Tapi saya tidak memiliki pengalaman sedikit pun dalam dunia memasak, hasilnya artikel yang saya buat tidak berkualitas. Setiap kali saya akan menulis artikel tiba-tiba menjadi malas karena dengan keadaan blog yang tidak memiliki pengujung sama sekali. Akhirnya saya meninggalkan blog tersebut.

Untuk itu jangan salah dalam memilih topik / niche.

Dalam Pemilihan Jenis Niche pun terbagi menjadi 2 :

  •  Niche Spesifik
  •  Niche Gado-Gado (Campuran)

Niche Spesifik

Niche Spesifik merupakan blog yang hanya terfokus pada tema tertentu saja. Biasanya blog dengan niche seperti ini membahas secara rinci dan tidak melebar kemana-mana.

Contoh Niche Spesifik seperti hanya membahas mengenai resep masakan ,hanya membahas mengenai tutorial blogging, hanya membahas mengenai bisnis dan masih banyak lagi.

Kelebihan Blog dengan Niche Spesifik :

  1. Dapat lebih mudah mendapatkan pembaca setia, mereka akan selalu mengingat nama blog kita karena sesuai dengan hobi mereka.
  2. Tidak akan terbebani dalam membuat artikel.
  3. Selalu ada ide bermunculan karena sesuai dengan minat kita.

Kekurangan Blog dengan Niche Spesifik :

  1. Harus betul-betul menguasai tema tersebut, agar memudahkan kalian untuk mengupdate artikel menarik lainnya.
  2. Artikel yang dibuat harus selalu sesuai dengan niche.

 Niche Gado-Gado


Niche Gado-Gado merupakan blog yang membahas tema apa saja. Mereka yang memilih niche gado-gado biasanya bebas memposting niche apapun yang dapat berpeluang besar agar blog yang bisa berkembang. Namun harus diperhatikan bahwa blog dengan niche gado-gado memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi kalian harus memikirkannya secara matang sebelum memilih sebuah niche yang akan dibuat untuk blog kalian. Contoh Blog dengan Niche Gado-Gado (www.pemulakuy.com)

Keuntungan Blog Dengan Niche Gado-Gado :

  1. Mudahnya dalam mebuuat postingan untuk blog yang kita buat, karena ketika ide muncul langsung saja kita tulis.
  2. Dengan menggunakan niche gado-gado  kita bisa rutin mengupdate artikel.

Kerugian Blog Dengan Niche Gado-Gado  :

  1. Susah mencari pembaca yang setia.
  2. Butuh lebih banyak artikel yang berkualitas agar bisa sukses.


Nah dari kedua jenis niche tersebut mana yang lebih baik? Menurut pendapat pribadi, semuanya sama-sama baik, itu tergantung dari niat dan kemampuan yang kita miliki masing-masing. Jika kalian memiliki bakat  dalam suatu hal saya sarankan membuat blog yang spesifik, jika kalian ingin bebas dalam membuat artikel saya sarankan membuat blog gado-gado.

2. Menentukan Nama Domain

Nama domain merupakan alamat yang akan tertuju pada blog kita, untuk pembuatan nama domain usahakan nama tersebut mudah diingat dan tidak terlalu panjang. Lebih singkat lebih baik. Untuk itu kalian harus mempelajari terlebih dahulu mengenai pembuatan nama domain yang menarik.

Hal-Hal yang harus diperhatikan saat membuat nama domain :

  1. Sesuaikan dengan topik blog yang kalian buat (Untuk Niche Spesifik).
  2. Mudah diingat.
  3. Sebisa mungkin menggunakan .com, karena biasanya orang-orang awan selalu menggunakan .com diakhir penulisan nama blog.
  4. Jangan gunakan angka,tanda pada saat membuat nama domain.


Terdapat 2 Versi  pembuatan domain, yaitu secara gratis dan berbayar. Kita ambil contoh misalkan nama domain yang kita gunakan adalah blogging

  1. Jika kalian menggunakan versi gratis maka  akan ada ekstensi blogspot.com jika kalian menggunakan platform Blogger. Jika menggunakan platform Wordpress maka akan berekstensi wordpress.com
  2. Jika kalian menggunakan versi berbayar tidak ada ektensi dibelakangnya, namun kalian harus menyewa nama domain tersebut. Jika kalian menggunakan versi berbayar akan menjadi .com dll.


3. Memilih Platform

Setelah kalian memilih domain yang akan kalian gunakan, selanjutnya kalian akan menentukan platform mana yang akan kalian gunakan. Jika kalian masih pemula saya sarankan menggunakan Blogger atau Wordpress.com(Hosted). Tetapi jika kalian lebih serius dalam dunia blogging alangkah baik menggunakan self-hosted agar kalian lebih leluasa dalam mengatur segala kebutuhan yang kalian inginkan.

Kelebihan dan Kekurangan Hosted dan Self-Hosted?

Platform Hosted  :

  1. Tidak akan mengeluarkan biaya yang sangat banyak (kecuali jika ingin membeli domain dengan platform hosted).
  2. Harus menggunakan fitur yang seadanya.
  3. Nama website akan menjadi  contoh.blogspot.com(tapi jika kalian membeli domain, blogspotnya akan hilang).
  4. Harus menaati peraturan agar tidak terjadi pelanggaran.

Platform Self-Hostd :

  1. Harus memiliki modal untuk menyewa hosting dan domain sekitar 300 ribu pertahunnya.
  2. 100% kalian punya hak dalam mengatur blog kalian.
  3. Tampilan bisa diubah dengan leluasa.
  4. Dapat menambahkan fitur-fitur apapun sesuai kebutuhan kalian.

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari pembahasan diatas merupakan panduan agar kalian tidak salah dalam memulai membuat blog. Artikel ini bertujuan menuntun kalian apa saja yang diperlukan untuk membuat blog, terutama teman-teman yang masih pemula. Sesama pemula yang baru masuk didunia blogging masih banyak cara yang saya dan teman-teman belum ketahui. Untuk itu  gunakan waktu kalian untuk belajar dan mengembangkan blog yang kalian buat.


Terimakasih
Salam Pemula

Silahkan kunjungi https://www.pemulakuy.com untuk mendapatkan artikel-artikel menarik Seputar Blog.

Terima Kasih Telah Berkunjung
EmoticonEmoticon

Loading...